●Dekave Empat●

Uhm hm..
First, dear my beloved blue and dangerous yellow with your deadly fart..
Since we're all tutor in dekave empat, allow me to write something for my students. :)
I think this post is useful for yours too.. *wink wink*
Love you two!

Second, dear you: dekaveempaters...
I don't know what's wrong with the time schedule between your presentations and the lecture you're getting in class.. *thank God if you attend the class, soon you're going to miss it. Trust me.* But it seems like they're not synchronize... and you're forced to present something that you know nothing about. AND.... Your third presentation is coming soon, but I see that really few of you who are willing to take initiative and dig deeper, search, read, note, nor learn more by your very own initiative. *sad*
Brand, branding, and marketing is such a playful and fascinating world.. Who knows you'll be ended becoming a strategic planner one day, or working on one prestigious media specialist agency, or else..

Do not depend on your tutor's words only.. :) Seriously.
The IMC world keeps evolving every single day. New medias, new trends, new issues and other new things are invented continuously. Pay attention to your surrounding, open your eyes, listen more, broaden your knowledge. Everything you learn will be useful for your own sake. phew..... me-sound so serious now... hahahaha..

uhm uhm.. :">
so.. I spent my afternoon to search for my 3 years old archive about your task right now, IMC. I'll share it with you. :)
ps. since I'm only human, I'd be glad to take revision from anyone.. ♥




subtitle : Bahasa Indonesia.
Presentasi 1
The brief
Background
Product Analysis
- kalian bisa pake 5W + 1H
Market Analysis
- bisa meninjau aspek harga, varian produk yang ditawarkan, apakah sesuai dgn TM (target market)nya.
Consumer Analysis
- always meninjau 4 aspek: D-G-P-B
Competitive Analysis
- secara general; co: NIKE (sepatu) vs Swallow (sandal)
mengapa? karena sama-sama alas kaki.
- secara khusus, bisa ditinjau dari macam-macam; co: jenis dan karakteristik, tampilan, placing, selisih harga, teknik promosi yang dilakukan, sikap/opini masyarakat, dll.
SWOT
- strength: keunggulan dari brand tersebut; co: busanya lebih sedikit, ukuran produk lebih besar dibanding kompetitor, dll
- weakness: kelemahan; co: kemasannya tidak menarik, bahan yang digunakan sulit didapat, dll.
- opportunity: apa yang masih bisa dikembangkan; co: membuat kemasan yang lebih kecil supaya harga lebih terjangkau oleh masyarakat, dll.
- threat: ancaman; co: kemasan yang ada mudah ditiru oleh kompetitor, dll

Presentasi 2
Function + Personality + Differentiation + Source of Authority = Brand Essence

(Consumer Insight + Human Insight) + Brand Essence = Preposition

Question:
Apa bedanya CI dan HI?
Contoh kasus dari nonikku Tin2, kliennya adalah salon mobil A.
CI:
- mobil dicuci dengan bersih.
- mobil yang dipoles hasilnya benar-benar mengkilap.
- mobil yang ditinggal tidak disalahgunakan.
- mobil yang diservice tidak beset-beset.
- dll.

HI:
- Mayoritas orang merasa lebih bangga kalau mengemudi kendaraan pribadinya dalam keadaan bersih.
- Masyarakat dengan penghasilan berlebih dan memiliki kendaraan pribadi tidak keberatan untuk menyisihkan sebagian uangnya untuk sekedar mencuci kendaraan pribadinya di salon mobil.
- Banyak orang yang malas untuk mencuci/merawat mobilnya dengan berbagai macam alasan seperti capek, sibuk, repot, dsb.
- dll.

Mengertikah kalian perbedaannya? I hope so. :)

Presentasi 3

Sebelum lanjut, sudakah kalian melakukan survey? :)
hayooooooo....
"lo, harus ta ce?"
"lo, aku belom ce.."
"gae apa?"
"ha?"

well well..
sebenarnya survey itu sudah harus kalian lakukan sejak awal-kalau kalian punya gambaran lengkap tentang project kalian ini. Mengapa? Sebab kalo belum, lantas darimana kalian memilih kompetitor yang ada di presentasi 1? Apakah semuanya asumsimu sendiri? Subjektif sekali dong tugas ini nantinya...

Advertising Strategy
- Competitor claim: klaim/keunggulan apa yang ditonjolkan oleh kompetitor? Bisa diulas dari tagline mereka atau dari opini masayarakat. (survey)

-Marketing Objective:
a. Umum, co:
+ Memperkenalkan brand A pada masyarakat.
+Menghidupkan kembali brand A yang sempat redup di tahun 2008.
+ Meningkatkan awareness masyarakat terhadap brand A, khususnya di daerah X.
+ Meningkatkan penjualan secara bertahap dan signifikan.
+ dll.

b. Khusus, co:
+ Menjadikan brand A sebagai pemimpin pasar di kelasnya.
+ Menjadikan brand A sebagai opsi pertama dalam benak masyarakat.
+ dll.

-Marketing Strategy
diulas dari 4P:
1. Product, co:
+ Menambah varian produk/jasa yang ditawarkan.
+ Mengubah kemasan.
+ Menambah jumlah produksi sehingga bisa memperluas pasar di daerah X,Y.

2.Price, co:
+ Melakukan penyesuaian harga (dinaikkan/ diturunkan) dengan pertimbangan bla bla bla --- kondisi apa yang aktual terjadi saat ini.
+ Memberi diskon pada event-event tertentu.

3. Place, co:
+ Membuka cabang/stand baru di lokasi X yang dirasa lebih strategis dan dapat meningkatkan penjualan.
+ Meningkatkan pendistribusian produk ke daerah Y dengan alasan bla bla bla.

4. Promotion, co:
+ Membuat POP *apa itu ce POP* It is Point of Purchase. *apa itu ce point of purchase* Bertanyalah pada Om Google. :)
+ Merancang IMC yang efektif dan insightful alias tepat guna.
*Bagaimana bisa tepat guna kalu kalian belum survey?* wek.
+ Mengadakan event.
+ dll

- Target Audience
ditinjau dr 4 aspek, disesuaikan dengan brand/klien-mu, buatlah 3 profil kepribadian.
Contoh: kalau brand A TM dimulai dari usia 15-50 tahun, berarti sudah terlihat ada 2 generasi. Buatlah "Brian", pelajar SMU X, "Alexandra", wanita karir yang sukses/ibu rumah tangga, dan "Jack", kepala rumah tangga yang bekerja sebagai direktur/tukang ledeng/tukang becak/pelukis/ dll. Mengapa?
Karena kalau range TM yang dituju besar, otomatis media yang digunakan pun bisa lebih dari satu. Jarang sekali ibu rumah tangga yang mendengarkan EBS FM/ DJ FM, dan sebaliknya sedikit sekali anak SMU yang membaca tabloid Nakita. dll.

Bayangkan keseharian si Brian, Ibu Alexandra dan Pak Jack.
Apa yang mereka lakukan sejak bangun tidur? Jam berapa mereka bangun, ke mana, naik apa, membaca apa, mendengarkan apa, makan di mana, shopping kah mereka, olah raga kah mereka, teman-temannya seperti apa, dll dll.

Dipikirkan dengan baik, supaya kalian bisa membayangkan point of contact apa yang efektif. :)
*Seandainya sudah survey, proses ini pasti lebih mudah* wek.

IMC Objective, co:
a. membangun citra brand A sebagai ..... di mata masyarakat.
b. memberikan informasi/ pesan yang sama.
c. menghasilkan konsistensi reputasi antara citra brand dengan korporat.

Sebelum lanjut lagi,
buka link ini, ini adalah list e-book (pdf files) dari Philip Kotler dan teman-temannya yang lain. *Sapa iku ce Philip Kotler?*
Om Google bisa bantu jawab kok :)
Download lah Marketing Management, edisi biasa boleh, edisi millenium boleh.
Males? Cari di perpus....... ADA. Di buku ini dijelaskan mengenai IMC, dan kalian bisa menemukan bahan yang kalian butuhkan mulai halaman 267.

Cek link ini, dan ini. Dibaca dan dipahami ya..
Dari link-link di atas kalian masih bisa menjelajah ke mana-mana. :)

IMC Strategy
-----perlukah positioning baru? Sudah adakah sebelumnya?
Kalau belum ada/perlu mengganti, tambahkan di strategimu. Strategi yang lain meliputi:
1. Advertising; co:
- membuat iklan.
- menciptakan 1 ekspresi/kesan khusus melalui cetakan/warna/suara.
- merencanakan repetisi komunikasi yang terpadu.
- menciptakan template untuk iklan cetak.

2. Promosi Penjualan
merancang promosi penjualan dengan tujuan:
- komunikasi: menarik perhatian dan memberikan informasi (melalui POP, seragam, dll).
- insentif: menggabungkan kebebasan, dorongan/kontribusi yang memberi nilai bagi konsumen. (co: program berhadiah)
- ajakan: ajakan untuk melakukan pembelian pada saat itu juga.

3. Hubungan Masyarakat; co:
- bekerja sama dengan pers untuk publikasi sehingga memiliki kredibilitas di mata masyarakat.
- menciptakan strategi humas yang mampu menjangkau masyarakat yang cenderung menghindar dari SPG.
-dll

4. Penjualan Perseorangan, co:
- mengadakan training karyawan bagian marketing untuk menghadapi konfrontasi personal.
- mempererat hubungan dan menjalin koneksi secara berkesinambungan sehingga mengetahui selera masyarakat.
- dll

5. Pemasaran Langsung; co:
- Non publik - ditujukan untuk orang-orang tertentu.
- Disesuaikan - disiapkan untuk orang-orang yang spesifik.
- Terbaru - disiapkan dengan cepat.
- Interaktif - dapat diubah/ disesuaikan sesuai reaksi yang didapat.
- dll.

Ini hanya sekedar contoh. :)
Kalau kalian membaca buku lain, ada point yang lain, boleh-boleh saja ditambahkan.
Semakin banyak buku referensi semakin sip! :)

IMC Tools & Media
IMC Tools:
1. Advertising:
- template iklan di media cetak
- iklan radio & cetak
- poster, flyer
- billboard
- signage
- pameran di tempat penjualan
- simbol/maskot & logo

2. Promosi Penjualan (Sales Promotion):
- kontes, permainan, undian, lotere
- pameran
- fasilitas penukaran/garansi
- program berkelanjutan
- pembentukan club khusus/membership

3. Hubungan Masyarakat (Public Relation)
- siaran pres
- annual report
- sponsorship
- publikasi
- melobi
- event

4. Penjualan Perseorangan (Personal Selling)
- menjalin koneksi

5. Penjualan Langsung (Direct Selling)
- Katalog
- e-shopping
- surat
- email

IMC Media:
Above The Line (ATL)
- Media massa cetak: surat kabar nasional/lokal, tabloid, majalah.
- Iklan radio: radio A, radio B (sesuaikan segmentasi radio dan TM-nya)
- Media luar ruang: billboard, umbul-umbl, poster, ambient media, dll.

Below The Line (BTL)
- Media promo event: umbul-umbul, spanduk
- Merchandise: topi, pin, kaos, mug, dsb.
- Kemasan
- POP (wobbler, flag chain, showcase, dsb)

heits... untuk media yang dipakai, yang kreatif ya! :)
Kalian bisa main-main bentuknya, tampilannya, dimensinya, letaknya, dll.
Tapi ngomong-ngomong, tahu nggak apa itu wobbler, self talker, flyer, katalog, flag chain, display stock, signage, dan teman-temannya? Tahu nggak bedanya? hmm....

Stop sejenak, coba main-main ke sini. POPAI ini adalah Point of Purchase Advertising International yang basisnya ada di Italy. Foto-foto yang ada di photostream-nya ini semuanya berhubungan dengan marketing mix yang sedang kalian pelajari sekarang.
Browse per-tag supaya kalian bisa lebih jelas. Di sana ada merchandising, ada POP, ada roadsign, digital display, promotion, purchase, dll.

Photobucket

next...

Presentasi 4
Creative Strategy

- Situational Analysis
Ada issue-issue sosial, ekonomi, politik, kesehatan, dll apakah yang sedang terjadi dan ada hubungannya dengan brand yang kalian bahas? Apakah ada UU yang baru dikeluarkan pemerintah? Adakah larangan tertentu? Make a list.

- Competitive Ad Analysis
Ambil salah satu contoh iklan dari masing-masing kompetitor (yang ada/pernah beriklan), tinjaulah iklan itu dari aspek visual dan copy-nya. *sudah dapet tindes-kan?* hohoho... Kesan apa yang ingin disampaikan oleh mereka? Pesan apa yang kalian tangkap? dll dll.

- Positioning
Sekedar repetisi dari depan, apa positioning dari brand kalian? Are u sure?

Creative Execution
1. BIG IDEA
eng ing eng.... What is big idea?
"Ide yang besar ce..." - DUH! Don't even try to answer with that okay..
I'll kitik kitik you.
Read, read, read. Browse, search, go to library, enriched your self with lots of literature. And find the definition with your own words... :)

"Lho ce... big idea itu sama tah ambe tag line?"
hmm.. ok, read this.
Got it? Goooooood! :)
No? Read this and this. Still lost? Well.. Godspeed. lalala~

2. Concept Creative
Berangkat dari big idea yang sudah mantap, ciamik dan sip, buatlah konsep kreatif yang akan menggambarkan formula dari rangkaian promosi yang akan dibuat.
Di sinilah kalian membuat benang merah dari keseluruhan visual campaignnya. Berpikir dan berkreasilah..... :)
Contoh:
a. Aspek visual
Secara keseluruhan, campaign yang dibuat akan menampilkan adegan dengan tema ........ contohnya adegan 1, 2, 3. (Ini bisa menjadi visual iklan koran/majalah/tabloid). Korelasi yang ada tampak pada situasi ...... di mana endorser yang ada memakai/menggunakan/memegang/berada di, dll. Konsistensi desain yang ada juga diterapkan pada penggunaan warna S (200, 23, 3) dan B (0, 20, 40).
Apakah ada motif tertentu? Di mana letaknya? Ukurannya? Apakah logonya ditampilkan? Di mana? Copy-nya? Tagline-nya?
Coba perhatikan interface dari web 3 ini, adakah konsistensinya antara 1 dan yang lainnya? Ingat-ingatlah billboardnya yang bertebaran di Surabaya. Meskipun berbeda ukuran dan warna, tetap mudah dikenali kalau itu adalah billboard dari 3. Begitu juga dengan Axis, BNI 46, dsb. Mengapa?

b. Copy
Headline yang digunakan adalah "Je suis juste un titre". Headline ini menyatakan bla bla bla. Perlukah bodycopy? Eits.. Tahukah perbedaan headline, tagline, copy, bodycopy & description? *duuuh...opo maneh iki ce?* Cari tau ya...
Ini dulu adalah pertanyaan dari salah satu dosen pengujiku. *wink*



3. Media Strategy
Competitive Situation (Data Media)
Of course, isinya data media yang kalian pakai. Semakin lengkap semakin sip. Plus, kelebihan dan kekurangan masing-masing media yang dipilih; mulai dari koran, majalah, radio, dll. Kalo nggal salah kalian pernah dapet tugas seperti inin kan? ;)

4. Kegiatan Periklanan Pesaing
Ini buat kelompokku, kalian udah buat di presentasi sebelumnya. Pindahkan ke sini ya.. Buat yang ngga ada, ya sudah it's ok. :)

5. Media Objective
Ini alasan pemilihan media. Kalo biasanya kalian cuma ditanya "kenapa kok pakai JP, kenapa kok radio SS?" dll dll, nah sekarang tuliskan alasannya. Jangan cuma ditulis "karena sesuai dengan target audience-nya", tulis yang detil satu per satu. Karena ga mungkin kan TA JP dan radio SS sama plek? Sama-sama radio, SS dan Metro pun juga memiliki TA yang berbeda.

6. Eksekusi
olala.... Saatnya CS, FH, AI, Word, After Effect, Premier, Itunes, WMP mewarnai hari-harimu...

Tips:
a. Booking temanmu yang punya kamera SLR/handy-cam dan baik hati jauh-jauh hari.
b. Jaga hubungan baik dengan klien, karena kalian masih harus ke sana untuk poto-poto...
c. Siapkan endorser yang tepat! Wajah, usia, tampilan fisik, dll.
d. Siapkan wardrobe-nya. Kostum, aksesoris, dll.
e. Perlengkapan yang dibutuhkan sesuai konsep; co: awan kintoun, tongkat pramuka, sayap kelelawar, bulu mata angsa, dll.
f. Voice talent - untuk iklan radio; karakter apakah yang ingin diperdengarkan? Ibu-ibu rumah tangga? Mbak-mbak resepsionis? Ibu negara? Nenek tua?
g. Backsound - untuk iklan radio; bisa lagu/sound effect.
h. Siapakah editor-mu??
i. Fotolah sebanyak mungkin saat pemotretan, take-lah sepuas mungkin saat pengambilan gambar, record-lah semaksimal mungkin saat recording, susah lo ngumpulin orang-orang yang dibutuhkan...
j. Saling bantulah dengan temanmu...
k. Recheck lagi apa yang harus/ingin kamu mock up. Sudahkah pesan pin? Mug? Topi? Ngeprint buku menu/katalog/brosur/flagchain/banner dll? Kapan maket untuk event-nya jadi? Seragam SPG/karyawan/pelayan kapan selesai dijahit? Bordir handuk/syal/saputangan? dll dll......

Strategi boleh tokcer, tagline boleh maknyus, tapi mata dan telinga ini tetap butuh dimanjakan oleh hasil akhir yang waow... (speechless saking apik-e) bukan waow.. wth?! ok!!!!

For some inspiration:
the best designs, here
the FWA, here
artz mania, here
more inspiration, here
get some texture, here
play with your fonts, here
ads of the world, here

7. Media Schedule
Buatlah tabel untuk memudahkan dirimu sendiri, pembagiannya terserah; mau perhari, perminggu, perjam kalo nekat. Tapi kira-kira tabelnya seperti ini:


Photobucket


Photobucket


Photobucket
Tips: supaya mudah diindentifikasi, gunakan warna yang berbeda untuk media yang berbeda. :)

8. Media Budget Estimation
Buat budgeting, of course sedetil mungkin.
Setiap tool, setiap media yang dipakai dihitung semuanya. :)
Dipisah-pisah boleh, dibuat satu tabel keseluruhan juga boleh...
Jangan cuma copy paste dari temanmu.. *rawr*
Don't forget: hitung semuanya.
Produksi, distribusi, launching, merchandise, harga kertas, cetak, pin, tas kresek, sewa sound system, lighting, iklan koran, radio, ad-lips, spanduk, signage, sticker, dan sebagainya.....

"Lo ce.. aku masukno biaya kreatif apa nggak ce?
hmmmmhh!
"MASUKkan saja..." hohoho!!
*Penasaran memangnya berapa sih kalian menghargai kerja keras kalian sendiri* kiek..kiek..

Last inspiration buat tugas kalian, check this.

Good luck guys!!!!
Pink

24 comments:
Anonymous

tengkiuuu pink...:p anak2ku taklink kesini ah...hehehehe

COOL!
spent my time to read this...and this is really helpful

ketika ada yang bertanya, dimana dapet bahan buat dkv4, aku bisa dengan bangga berkata "pebeye.blogspot.com" instead of "google.com"
hahaha... re-routing my team here, too!
thanks for sharing, Pink!

Anonymous

Lucu euy~
Cinta am paus na~
wkwkwkkw~

Anonymous

oh ini toh Fang yang kamu janjikan "nanti malam" hehehe...
NICE ^_^

and the "deadly fart" part, hahahahaha....

-dave-

Anonymous

hahahaha...bharap banyak...

dari kelompok ku? are u kidding me, di? YA IYALAH........

Anonymous

Woooooowww.... Asdos yang baek y km ternyata...
Hahahaha....
Hmmm.. Through my experience, the important things about branding is to LOVE your brand and the consumer. The LOVE instinct will guide you to solve the problem....
Hahahaha.....

try to say that to them yourself pig.. :p

Anonymous

ck ck ck... dedikasi guru Indonesia saat ini luaarrr biasa :D
aku quick reading aje.. not my world :D

Anonymous

tengkyu c..^^

-amel-

salute to Miss PinkPankPunk!! :)
brava, Pank!

Anonymous

Wow... a very long posting here.. hahahaha

keren fang...
jujure se blum tak baa lengkap

ntar abis eek tak baca wesss huahahaha

eek sek yaaaaa

*plung*

huahahahahaa.. nggilani looo wet kamu iki..... eek ae pamit....... wakakakak... *jewet pipimu*

Anonymous

weheheheh... understand ce......... ntar senen acc..^^

Anonymous

weheheh.. gaptek ce ..sorry.. otre.... sangat membantu.. ntar senen acc ce.. thanks^^

Anonymous

so detail and very helpful for all of us..thx a lot^^
~S~

anak kelompok laen

serem

MoY

uahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
:(( jd iri sama anak2mu pankkkkkk....

kok asdosku dulu bukan kamu ae yahh....
materi2 dan referensi yg dulu mesti kita cari k perpus, buku bhs inggris (pdhl ak ngga isa inggris..tau kan), k gramed, nanya2 kanan kiri, brosing2...
sekarang instan..tinggal buka 1 link terjawab (mewakili) semuanya...
baiknya cece ini...

@anak2 upank: tuhhh anak2e upank!!jgn salah dulu.. asdosmu tuh cm galak d depan aja... ini buktinya dia amat sayanggg ama kalian...kurang enak apa coba?hehehe

gud luck semuanya!!!

wakakakakak.. hush!! ayo moy pulang sini.... kita pigi lagi....... >.<

Adi

hahahaha...évidemment pas de votre groupe...
mais l'âme de ces pauvres à qui il ne donne pas un putain de telles choses...*sigh
Dieu...bénisse son âme...

aku dadi anak didike upang mbek nopi wes ... *terkesima

SHie keren

baek sekali kamu ce...

wah materinya sangat berarti sekali ce
thanks...

Anonymous

William Nyam said : Brilliant ! Asdos of The Year !!

Post a Comment

Say Something


Happy Readers

free counters

Recent Responses

Stick With Us

Check This Also